Kebanyakan orang mencari cara untuk diet, dan hanya beberapa persen orang di dunia mencari cara untuk menaikkan atau menambah berat badannya. Nah lhooh!!

Kebanyakan orang melakukan diet karena merasa badannya terlalu mudah untuk gemuk. Sebagian kecilnya mereka yang kurus berpikiran kesulitan menambah berat badan. Jika Anda masuk dlam bagian kecial ini (termasuk aku:( ), berikut tips yang bisa di coba.

Satu, tetapkan target. Sebelum memulai program penggemukan badan, Anda bisa menentukan berapa berat badan yang nantinya Anda inginkan. Pastikan target itu tidak melebihi batasnormal,alias tidak mengarah ke obestitas.
Dua, ada rumusnya. Meningkatkan berat badan ada rumusnya juga nih. 70-20-10, dimana angka-angka tersebut bisa jadi momok peningkat berat badan. Adalah angka komposisi makanan yang harus kita makan, dengan 70% protein tanpa lemak, 20% nya  karbohidrat dan kalori, serta 10%(atau bisa kurang) lemak sehat. Ternyata menghitung berapa jumlah kalori dalam makanan juga bukan hanya buat mereka yang berdiet. Pasalnya untuk menambah berat badan , pastikan kalori yang masuk dalam tubuh lebih besar dari kalori yang terpakai dalam aktivitas harian. (oalah….*logat jowo)

Tiga, pola makan sehat. Meningkatkan berat badan tidak berarti Anda bebas menyantap makanan apapun dan kapanpun. Kesehatan juga harus diperhatikan, karena untukmenghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh atau saturated fats. Apabila target Anda tidak terpenuhi, dan terlebih berat badan menurun , lebih bijak jika Anda memeriksakan kesehatan Anda ke dokter untuk bisa memastikan tidak ada gangguan.

Empat, Jus buah. Sekian dari kasus diet yang ada dianjurkan meminum jus dari satu jenis buah , maka untuk Anda yang sedang dalam program meningkatkan berat badan sebaiknya mengkonsumsi jus yang terbuat dari bermacam-macam buah. Diharapkan dapat memberikan nutrisi untuk mengisi tubuh anda dengan nutrisi yang sehat.

Lima, hindari minum sebelum makan. Meminum sebelum kita memulai makan membuat perut terasa lebih cepat kenyang meskipun porsi makan Anda sedikit.

Enam, berhenti merokok. Perhatikan beberapa perokok aktif yang memiliki tubuh yang langsing dan relatif kecil. Ini bisa disebabkan oleh zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat menekan selera makan. Dan banyak juga mereka yang memilih untuk tidak makan daripada harus menahan hasrat mereka untuk merokok.

Tujuh, negmil sebelum tidur. Tahukan jika metabolisme kita akan menurun ketika kita tidur?.Ya… Dan menyantap cemilan bernutrisi dan sehat sebelum kita tidur bisa dijadikan sebagai alternatif paling mudah untuk meningkatkan berat badan. Hal ini dikarenakan tubuh mencerna makanan dengan lebih lambat.

(*aku sendiri lagi program nih….hayuuk atuuh SAMANGAT!!! :D )

 

About these ads