Ya, Kopi . Salah satu jenis minuman yang banyak disukai orang,di seluruh belahan bumi. Minuman yang berasal dari biji kopi yang di panggang, kemudian dihaluskan, dan disajikan dalam minuman hangat ataupun dingin. Kopi tidak hanya menjadi salah satu minuman favorite , tetapi juga merupakan komoditi bisnis yang sangat besar.

Awal mula ditemukannya kopi berasal dari dataran Ethiopia yang pada saat  itu masih menjadi tanaman liar. Kemudian pada abad ke 15 tanaman kopi ini di kembangkan di dataran Arab yang sampai saat ni terkenal seantero jagad dengan produk unggulan Kopi Arabika. Kopi yang menjadi komoditi bisnis terbesar setelah minyak bumi, kopi Arabika ini  juga di produksi sebesar 60 % terbesar di dunia untuk  jenis produksi kopi.

Dan legenda tentang kopi yang satu ini mungkin pernah dengar atau pernah membaca. Bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh seorang pemuada arab ( bernama Kaldi ), yang merupakan seorang penggembala kambing. Ia selalu memperhatikan gembalaannya terlihat begitu riang setelah menikmati biji buah dan dedaunan pada sebuah pohon hijau. KAldi merasa penasaran dan kemudia dia mencobanya , dan merasakan efek bersemangat serta pembawaan gembira. Akhirnya penemuan ini tersebar, dan mulai sejak saat itu lahirlah kopi, dalam legenda bangsa Arab.

Berbeda agi dengan versi India, tanaman kopi pertama kali di tanam di India pada tahun 1610. Yang kemudian dipelajari untuk dikembangkan oleh bangsa Belanda pada tahun1614. Mereka memperoleh bibit pada tahun 1616, dengan kualitas yang subur dan kemudian mendirikan perkebunan kopi di tanah Jawa dn Srilanka, tahun 1699.Deikembangkan ke dataran Amerika Tengah seperti Kepulauan KAribia dan Suriname.

Berjalan dengan perkembangan ekonomi dan bisnis kopi pada masa itu kemudian bangsa Perancis ikut berkecimpung dalam bisnis kopi tersebut. Dimulai dengan membeli bibit kopi dari Belanda yang kemudian di tanam dan dikembangkan d Pulau Reunion, namun usaha Perancis gagal d pulau tersebut. Dan pada tahun 1723, PErancis kembali mengembangkan perkebunan kopi di Pulau Martinik. Yang kemudian pada tahun 1800-an mulai dikembangkan di Hawaii, Brazil, dan daerah-daerah lain yang sesuai untuk perkebunan kopi.

Dan guys, tau dari mana asal nama kopi gak??Nah…ini nih kata kopi atau dalam bahasa Inggris adalah coffee, berasal dari bahasa Arab, qahwah yang mempunyai arti kekuatan. Kemudian kata kopi yang kita kenali saat ini dalah berasal dari bangsa Turki, yaitu kahweh .Kemudian berubah menjadi koffie dan dalam bahasa Belanda , dan coffee dalam bahasa Inggris. Dan dalam bahasa Indonesia diserap menjadi Kopi.


Bagi para pecinta dan penikmat kopi pasti sudah mengetahui akan khasiat atau manfaat kopi, yang tidak hanya dimanfaatka untuk minuman, tetapi juga ada manfaat lainnya. Bahkan pada jaman dahulu,kopi merupakan bahan makanan. dan sampai saat ini beberapa suku di Afrika masih menggunakan kopi, yang dihaluskan kemudian dijadikan adonan, dan menjadi makanan.

Peralihan kopi yang awalnya menjadi bahan makanan, berkembang menjadi bahan minuman yang memiliki banyak manfaat. Kopi juga dijadikan sebagai pengganti minuman anggur. Karena bagi sebagian orang minuman kopi yang dihasilkan dari penyeduhan biji kopi yang kering dengan air mendidih yang menghasilkan minuman yang hampir sama dengan anggur.

Kopi juga dapat berfungsi sebagai obat  yag antara ain dapat menyembuhkan migrain, sakit kepala, gangguan jantung, Asma kronis, dan juga gangguan pencernaan. Akan tetapi pemakaiannya juga sesuai dosis, dan apabila mengkonsumsi kopi berlebihan juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan fungsi hati.

Dulu, untuk menikmati biji kopi menjadi minuman yang sangat nikmat prosesnya dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, kemudian dipanggang dan dihaluskan dalam batok kepala, setelah jadi serbuk barulah kopi dapat diseduh menjadi minuman. Sekarang seiring berkembangnya jaman dan teknologi, untuk meramu biji kopi menjadi minuman sudah menggunakan mesin penggiling kopi atau penghalus dan penyeduh kopi dengan cara yang lebih praktis. Dan pastinya mempermudah produksi dan penggilingan kopi tersebut.

Ada lagi nih , buat yang ngaku pecinta kopi kudu tau manfaat kopi berikut ini . Kopi mempunyai berbagai rasa yang khas dan mampu mnghasilkan sensasi rasa yang menyenangkan saat di konsumsi. Seperti kopi yang disajikan dalam minuman dingin atau iced coffee nan manis dan menyegarkan. Kemudian penjelmaan kopi dalam berbagai macam sajian seperti cake, ice cream, kue dan tentunya minuman kopi asli ataupun kopi mixing.

Kopi juga mempunyai manfaat lain setelah diselidiki dan ditelaah lebih jelas. Tidak hanya kopinya, bubuk kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Kopi juga dapat dimanfaatkan menjadi beberapa produk-produk disinfektan untuk isolasi dinding, lantai dan atap. Minyak kopi juga dapat menjadi bahan tambahan untuk produk sabun, cat maupun produk lainnya.

Biji kopi dapat dimanfaatkan untuk berbagai produk dan kegunaan, dan yang pasti yang paling digemari dan paling populer adalah sebagai minuman yang nikmat yang dapat dinikmati banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

So…guys, yang doyan dan cinta sama kopi, bisa mengkonsumsi dan menikmati dengan bijak ya🙂 . Nanti aku  mau nulis lagi tentang kopi dan banyak artikel-artikel lagi tentang kopi. Thanks for reading🙂.