Siapa orang didunia ini yang tidak menyukai musik?mungkin dapat dihitung.Pernah denger lagu nya Amy Winehouse “Stronger then me”, atau “Love Is A Losing Game” dan masih banyak lagi lagu-lagu dari nya yang menurutku sangat menggambarkan realita hidup. Enggak cuma Amy, banyak musisi dunia yang menorehkan prestasi dengan karya-karya hebat mereka. Itu untuk yang internasional, di Indonesia juga nggak kalah bagusnya kok. Banyak musisi dalam negeri yangberhasil memberikan suguhan seni yang menakjubkan, sebut saja penyanyi legendaris Iwan Fals , Alm. Chrisye ,Glend Fredly, dan musisi -musisi tanah air lainnya. Mereka menciptakan dan menyajikan karya seni dalam bentuk lagu, musik dengan sangat bagus.Dan  inilah alasan kenapa musik itu indah dan tepat untuk dinikmati dan dapat dijadikan sebuah hiburan.

Musik adalah suara-suara yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah irama, lagu dan adanya keharmonisan dimana suara-suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Musik itu sejenis intuisi, mencipta, memperbaiki dan mempersembahkan dalam bentuk seni. MEndengarkan musik dapat menjadikan hasil seni tersebut menjadi sebuah hiburan. Musik adalah sebuah hasil karya yang unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik, hingga menghasilkan sebuah irama dan lagu.

Tidak terlepas dari sejarah adanya musik dan awal mulanya musik, dunia hiburan musik di indonesia ataupun di dunia internasional mengalami perkembangan yang sangat bagus. Karya seni yang mampu berbicara, menceritakan, menggambarkan dan mengubah kehidupan sehari-hari kita. Musik selain menjadi hiburan juga dapat dijadikan terapi.

Terapi musik ialah proses interpersonal yang menggunakan musik untuk terapi fisik , emosional, mental, sosial, estetika, dan spiritual untuk membantu proses penanganan pasien dalam meningkatkan dan mempertahankan kesehatan. Kebutuhan setiap pasien tidak selalu mendapat penanganan langsung melalui musik dalam tiap kasus kesehatan yang berbeda-beda.

Terapi musik biasanya digunakan oleh individu dalam berbagai kondisi dan segala usia, termasuk dalam terapi penyembuhan kejiwaan , masalah medis,cacat fisik,gangguan sensorik, cacat perkembangan , penyalahgunaan zat, gangguan komunikasi , masalah interpersonal, ataupun penuaan. Terapi dengan musik ini bisa digunakan untuk meningkatkan konsentrasi belajar, meningkatkan harga diri, mengurangi stress,menjadi pendukung latihan fisik, dan juga memfasilitasi aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan.

Dari berbagai macam jenis musik yang ada sejauh ini , musik memiliki fungsi dan peran penting. Jadi alangkah bijaknya kita sebagai penikmat musik ataupun mereka yang telah menghasilkan karya seni musik ini dapat memanfaatkan dan membuat musik-musik yang ada secara bijak . Apalagi dengan uraian manfaat ataupun kegunaan darimusik yang kita nikmati dapat berarti bahwa musik berperan penting dalam hidup. Seperti dari jaman dahulu kala awal adanya musik, biasanya digunakan untuk media komunikasi , kesehatan ataupun percintaan.

Saya percaya, anda yang menikmati musik dikeseharian anda pati juga menempatkan musik sebagai bagian dari hidup anda.🙂