Apa jadinya kalau bibir kita tiba-tiba menjadi kering, terlihat tidak segar dan terlihat hitam. Kebanyak wanita pasti tidak nyama dengan kondisi bibirseperti itu. Apalagi wanita memiliki sensitivitas masalah wajah , kulit dan penampilan yang biasanya ingin terlihat cantik sepenuhnya. Terlebih saat bibir kita terlihat kusam dan menghitam. Penyebabnya tidak hanya dikarenakan merokok, bagaimana dengan yang bukan bagian dari wanita perokok??

Masalah-masalah kulit dan terutama bibir yang menjadi momok menakutkan dalam penampilan kita sehari-hari masih bisa diatasi dengan cara yang simple dan bijak.Berikut ini ada beberapa catetan penting nih buat perawatan bibir agar tetap sexy dan sehat.

Kebanyakan orang menilai bibir hitam identik dengan perokok, tetapi tahukah, bahwa hal itu bukan alasan utama yang dapat menyebabkan bibir menghitam. Mengkonsumsi teh, dan kopi secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab lainnya. Penggunaan kosmetik seperti lipstik dan lips ice  yang  tidak cocok, serta terkena sinar UV berlebih dan juga melakukan kebiasaan menjilat bibir bisa turut andil penyebab bibir menghitam.

Tips dan trik nya buat ngatasin bibir hitam nih:
a. Pengelupasan (exfoliation) , Melakukan pengelupasan setiap hari dapat dilakukan setiap hari untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan kekeringan pada bibir dan menjadikan kusam.mulai dengan mengoleskan pasta gigi sedikit atau secukupnya saja terutama pada malam hari untuk mengeksfiliasi kulit bibir. Bisa juga dengan menggunakan campuran oliveoil dan gula pasir. Gerakan memoles danmengusap dengan lap yang halus secara perlahan memutar dan rutin tiap 2atau 3 kali seminggu untuk kedua olesan tadi, kemudian basuh.


b. Perlindungan (Protection), pemakaian lip balm yang mengandung SPF dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari dan efek kering akibat menjilat bibir.

c. pelembab (Moizturizer) , beda halnya dengan kulit tubuh nih, kelembaban bibir juga perlu dijaga agarterhindar dari kering, pecah-pecah , kusam dan menghitam. Menggunakan pelembab bibir yang cocok dan nyaman untuk Anda dapat menjadi alternative. Saat menggunakan lipstik pun Anda perlu menggunakan padu padan dengan pelembab bibir. Ada yang lebih alami lagi untuk menjaga kelembaban dan kesegaran bibir dengan mengoleskan Madu. Lebih tepatnya akan bermanfaat dan dapat menstimulasi kulit bibir saat malam hari.



d. Pengobatan (treatment), ada beberapa cara menghilangkan hitam dibibir. Cobalah memulai dengan mencampurkan madu, gliserin, dan air  jeruk nipis  rutin setiap hari dalam beberapa pekan .Kemudian bisa memuai dengan menggunakan perasan lemon,karena kandungan zat antioksidannya yang dapat menyamarkan warna kulit. Bisa juga dengan membuat pasta jus lemon , mencampur air perasan lemon, yoghurt, tepungdan madu dengan perbandingan sama, dan jadikan masker bibir selama 30 menit , kemudian bilas bersih dengan air hangat kuku.

dapet dari berbagai artikel