Terkadang mengatur suasana hati dan pikiran memang tidaklah mudah, kita sering mengalaminya tanpa di sadari atau direncanakan sebelumnya.Tidak hanya masalah pribadi atau dari faktor lain saja yang menjadikan suasana hati kadang tidak baik. Ternyata ada makanan dengan nutrisi seimbang yang dapat mempengaruhi dan dipercaya dapat menangkat bad mood looh!

Kopi, ya minuman kesukaan yang satu ini masuk dalam list nutrisi yang dapat menangkal bad mood kita. Kebanyakan , saat orang mengalami kejenuhan, bosan dan stress dengan masalah , kita terkadang lari ke makanan yang tidak kita perhatikan nutrisi dan kandungan gizinya. Dan kenapa kopi,karena kandungan kafein di dalamnya mampumerangsang sistem syaraf untuk lebih berkonsentrasi. Sehingga mampu merubah suasana hati dan pikiran kita. Tapi jangan terlalu banyak juga mengkonsumsi kopi. Takaran sesuai kebutuhan dan biasanya maksimalkan hanya 3 cangkir perhari.

Ikan Salmon dan Tuna, biasanya kebanyakan wanita yang sering mengalami depresi dan lebih labil suasana hatinya. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 yang cukup dapat membantu meredakan dan menangkal depresi berlebih. Dan kandungan omega 3 yang baik dapat diperoleh pada ikan Salmon dan Tuna. Nah kalo kita mengkonsumsi ikannya secara langsung, perhatikan juga tentang blue label nya yaaah🙂 buat sustainable kelautan juga🙂.

Makanan dengan kandungan mineral tembaga, seperti pisang, ayam dan alpukat. Nah kadang saat kita mengalami masa-masa sensitifitas yang berlebih tidak ada salahnya ketika kita mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung mineral tembaga yang sangat penting bagi daya tahan tubuh dan mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan perasaan sensitif yang berlebih.

Makanan kaya zat besi, ikan, udang , ayam tanpa kulit, buah-buahan dan kacang-kacangan. Makanan tersebut sangat membantu mengembalikan kondisi tubuh yang merasa lelah dan kehilangan banyak energi setelah kita beraktifitas. Sempatkanlah mengkonsumsi makanan-makanan kaya zat besi yang dapat membantu mengembalikan nutrisi yang hilang saat kita beraktifitas.

Makanan mengandung karbohidrat tinggi,  rendah protein dan rendah lemak. Mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dapat membantu mengurangi dan mengatasi rasa sedih dan perasaan kalut yang berdampak tidak baik bagi suasana hati dan memecah fokus pikir kita. waktu sedih boleh nangis tapi seperlunya saja ya, kalo untuk obatnya bisa mengkonsumsi makanan-makanan kaya nutrisi tersebut diatas. Dengan mengubah pola makan yang sehat dan pastinya tinggi karbohidrat serta nutrisi penting dengan rendah protein dan rendah lemak dapat membantu kita memperbaiki suasana hati.

Jadi, saat bad mood melanda jangan lupa tengok makanan-makanan diatas, baik untuk suasana hati dan pikiran, juga untuk kesehatan kita

dari berbagai sumber