Yunalis Mat Zara’ai adalah penyanyi sekaligus penulis lagu asal negeri Jiran , Malaysia. Penyanyi yang akrab disapa Yuna ini punya talent suara yang sangat bagus (versi ku dan versi kebanyak orang yang udah denger tentang lagu-lagunya). Gadis Kelahiran Alor Setar, Malaysia 14 November 1986 silam bahkan sudah go Internasional.

Yuna merintis karirnya di dunia musik sejak tahun 2008. Dan sangat populer karena dia merupakan penyanyi dengan suara emas yang berbeda dengan penyanyi rock lainnya. Dia juga merupakan salah satu penyanyi Rock Indie berhijab (berjilbab) satu-satunya.

Wanita Kelulusan Sarjana Hukum di Universiti Teknologi MARA Kampus Shah Alam, Malaysia ini menjalani karirnya dengan membuahkan album demo dan juga album EP (musik dengan penjualan by e-mail) ini sudah dikenal masyarakat luas dan juga mempunyai banyak penggemar.

Awal gemerlap karir Yuna dimulai saat rilis lagu singgle berjudul “Deeper Conversation”  2009 silam lewat situs resmi pribadinya Yunamusic.com. Pada tahun yang sama pula, lagu tersebut menjadikan dia sebagai peraih penghargaan Musik di Malaysia.

Beberapa lagu lainnya juga menambahkan deretan penghargaan dalam bermusiknya dengan kurun waktu singkat mengantarkannya ke dunia musik internasional. Ditandainya dengan rilis album EP dibawah naungan FADER Label, Yuna melangkah ke Amerika. EP inilah mendatangkan sukses demi sukses Yuna dengan pertambahan penggemar dan berkembang dengan kritik positif tentang musiknya.Bahkan dilirik dengan penilaian dari media kenamaan seperti Billboard, The New York Post, dan KEXP.

Yuna juga masuk dalam majalah musik SPIN dalam list “Eight Bands You Need to Hear Now” . Di susul pula dengan prestasi musikalitasnya, Yuna menjadi salah satu finalis dari “Best New Band in the World” versi MTV Iggy’s. Woww banget yah.

Ditahun 2012 ini tepatnya pada bulan April lalu, FADER LAbel juga merilis albumuntuk pasar Internasional. Sungguh prestasi yang sangat bagus dan juga mendapatkan ulasan penilaian positif dari berbagai kalangangan pecinta musik.
Prestasi ini juga yang membawa YUna sampai ke acara musik bergengsi seperti MTV Style, dan Late Night with Conan.

Tahun ini juga, Yuna memulai tur Amerika-Eropanya. Yuna masuk dalam daftar festival musik terbesar dunia sebagai penampil Lollapalooza 2012. Sungguh prestasi besar yang bisa diraih oleh gadis Asia semuda Yuna. Bahkan penilaian atas Label FADER sendiri tidak hanya dari prestasi musikalitasnya tetapi juga dari keunikan dan menawannya Yuna karena hijab yang melekat pada dirinya.(#inspiring🙂 )

Inspiring dengan salah satu musik kesukaanku sejak awal aku mendengarkan lagu “Come As You Are” . (#asli recomended song)