Kopi Joss adalah kopi tubruk panas yang diberi arang membara. Begitu arang dimasukkan maka kopi akan mengeluarkan suara joss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu. Minuman ini bisa ditemukan di semua angkringan-angkringan sudut kota Jogja. Kopi Joss juga ditetapkan sebagai Minuman Khas Yogyakarta (Jogja).

Namun dengan berjalannya waktu, jaringan pemasaran kopi joss ini banyak ditemui di daerah-daerah diluar Jogja yang mulai mengikuti jejak penjualan Kopi Joss. Seperti yang sering saya nikmati di angkringan-angkringan sudut kota Surabaya. Tapi saya akui, ke-khas-an nya berbeda jauh dari kota asalnya. Bahkan angkringan yang kedapatan meyediakan minuman panas nan Joss ini biasa dijadikan sebagai tren tempat nongkrong para anak muda atau sekedar menikmati waktu santai.

Ada khasiatnya juga, kadar kafein rendah yang didapat pada Kopi Joss dikarenakan arang yang digunakan sebelumnya dipanaskan pada suhu diatas 250° C, yang kemudian menjadi karbon aktif dan mengikat polutan dan racun. Dan konon katanya karbon aktif ini berguna memperbaiki aroma,mengikat racun dan mengurangi ampas. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian dari dinas kesehatan yang mengeluarkan secara resmi tentang khasiat Kopi Joss ini.

*dari beberapa sumber