Tulang, sparepart tubuh manusia yang terhitung paling penting pada bagian tubuh manusia. Bagian rangka dalamyang penting bagi kita, tentunya perlu kita jaga dan pastikan asupan kalsium tulang untuk tubuh kita benar dan mampu merawat. Selainkita mengetahui makanan apasaja yang mampu memerkuat tulang, pastikan kita juga mengetahui makanan apa saja yang merugikan tulang kita.

Makanan favorit Anda mungkin masuk dalam list konsumsi yang merugikan tulang. Berikut beberapa list dan uraiannya.

a. Makanan dengan kadar gula tinggi.

Bagi Anda pecinta makanan manis tidak ada  salahnya jika muai menggantinya dengan buah-buahan dan dapat menghindari makanan olahan juga. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih dapat mengikis fosfor dan menghambatpenyerapan kalsium.

b. Makanan dengan kadar asin berlebih.

Contohnya seperti pada makanan olahan yang Anda konsumsi. Makanan olahan dengan kadar asin tinggi membuat kalsium dalam tulang berkurang. Garam mampu menyebabkan ekskresi kalsium bahkanmelalui ginjal. Anjuran konsumsi garam adalah tidak lebih dari 1.200mg/hari.
c. Minuman bersoda.

Minuman bersoda mengandung asam folat yang melemahkan usus dan menghambat penyerapan kalsium. Minuman bersoda  juga mempegaruhi mineral tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.

d. Minuman beralkohol.

Minuman beralkohol mempengaruhi rendahnya massa tulang, meningkatkan risiko patah tulang,mempengaruhi pemulihan patah tulang dan mempengaruhi pembentukan tulang.

e. Kadar Kafein berlebih.

BErkisar antara per 6 mg kalsium akan hilang setiap Anda mengkonsumsi 100mg kafein.Apalagi jika Anda menambahkan gula yang semakin merugikan bagi kesehatan tulang. Kafein mampu melarutan kalsium pada tulang dan melemahkan fungsi kalsium yang diserap.( T_T OMG my favorite coffee)

f. Kacang-Kacangan.

Kacang-kacangan kebanyakan mengandung phytates yang dapat mengganggu pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium. Namun dapat dinetralisir dengan cara pengurangan tingkat phytates,dengan cara merendam biji kacang dalam air selama beberapa jam sebelum direbus. Kacang-kacangan tersebut masih memiliki kandungan magnecium , serat dan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh kita.

*dari berbagai sumber