Bagi kebanyakan wanita, menjaga kecantikan alami tubuh baik dari luar dan dalam adalah sebuah kewajiban yang tidaklah mudah. Akan tetapi bukan hal yang terlalu sulit juga jika kita sudah mengetahui cara dan komposisi perawatan yang harus kita lakukan untuk merawat kecantikan diri. Tidak berlaku untuk wanita saja, pria juga memerlukan perawatan ini. Berikut  beberapa makanan yang kita konsumsi untuk mempercantik diri sekaligus menyehatkan.

1. Rambut Rapuh dan Menipis

Kondisi seperti ini memerlukan konsumsi gandum utuh. Biji-bijian seperti beras merah dan gandum mengandung vitamin B esensial seperti B7 (biotin), dimana dapat membantumengurangi kerontokan dan kerapuhan rambut. Kandungan silika yang ada dalam biji-bijian ini juga membantu mengurangi kerusakan rambut, terutama kandungan zinc yang menutrisi rambut. Tidak ada salahnya mencoba konsumsi biji-bijian kaya vitamin dan nutrisi tersebut agar rambut terjaga dengan sehat, kuat dan berkilau alami.

2. Linkar Hitam Pada  Mata

Beberapa hal menjadi faktor yang mempengaruhi terdapatnya lingkar hitam tepat dibawah mata. Seperti faktor keturunan, lelah, dan anemia. Namun faktor utama yang sangat dominan adalah karena sirkulasi darah yang kurang baik. Hal ini dapat dilakukan terapi dengan mencukupi asupan kebutuhan vitamin K dan C yang membantu meningkatkan sirkulasi darah terutama mampu memperkuat dinding kapiler. Bisa juga dengan mengkonsumsi bayam dengan baik, dimana sayuran hijau ini merupakan sumber nutrisi yang baik.

3. Kulit Kering

Sumber vitamin E seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mejaga kelembapan alami kulit dan melindungi dari dehidrasi, sehingga menjaga kulit tetap lembut. Bisa memualai dengan konsumsi biji rami atau kacang walnut dengan kandungan Omega-3 dan asam lemak yang mampu memberikan manfaat yang maksimum terhadap kulit.

4. Gigi Kuning

Penyebab gigi kuning yang paling sering dijumpai dikarenakan pengaruh dari rokok, makanan serta minuman yang meninggalkan noda membekas pada gigi. Langkah paling mudah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi adalah dengan rajin menyikat gigi, flossing,dan tentunya teratur mengunjungi dokter gigi demi mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Dapat juga dengan mengkonsumsi buah dan sayuran seperti apel, seledri dan wortelyang mampu menjaga dan memutihkan gigi. Tekstur makanan tersebut dapat membersihkan dan menghilangkan bakteri dan mengangkat noda dari gigi kita.

5. Bibir Pecah-Pecah

Pengeringan bibir dan mengelupasnya sel kulit mati pada bibir kita memang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tetapi jika terlalu sering bisa jadi kita mengalami kekurangan vitamin B.  Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B seperti Oat dan Yogurt, kaya akan zinc , dan dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan dan bibir pecah-pecah dengan lebih cepat.

6. Kantung Mata
Jika Anda mengalami seperti pembengkakan di bawah mata, bisa jadi Anda mengalami retensi cairan. Untungnya, hal itu bisa diatasi melalui diet dengan menyeimbangkan asupan natrium dan potasium. Cobalah kurangi asupan garam dan meningkatkan asupan makanan yang kaya akan potasium seperti avokad, yang juga kaya akan asam lemak sehat yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembut dan lentur serta mengurangi peradangan.

7. Jerawat

Bawang putih tidak hanya merupakan makanan yang menyehatkan  untuk jantung, tapi juga baik untuk membantu menjaga kulit bersih dan bebas jerawat. Dengan antibiotik alami yang terkandung di dalamnya, sifat membersihkan darah, sifat meningkatkan kekebalan tubuh dan antibakteri, bawang putih dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat, juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

8. Kulit Pucat
Jika Anda mengalami wajah atau kulit pucat, bisa jadi Anda menderita anemia, yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan laut seperti tiram yang mengandung kadar Vitamin B12 dan zat besi yang tinggi.

9. Kuku Rapuh

 


Penelitian telah menunjukkan bahwa menambah asupan biotin (vitamin B7) dapat membantu menguatkan kuku dan mengurangi kerapuhan, sedangkan penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dan seng dapat menyebabkan kelainan pada kuku. Untuk memperkuat kuku, cobalah mengonsumsi kuning telur pada makanan seperti omelet dan pancake, yang kaya akan nutrisi penting. Telur juga merupakan sumber protein, yang sangat penting bagi pertumbuhan kuku yang sehat.