Bisnis yang dijalankan melalui internet atau via online biasa disebut juga dengan bisnis online. Bisnis online pun memiliki banyak macam seperti kebanyakan bisnis yang kita kenal sekarang ini. Dari beberapa jenis yang bisa kita ketahui seperti Bisnis Penjualan atau Pemasaran, Jasa dan Periklanan. Bagi pemula yang akan memulai menggeluti bisnis online ini tentunya ingin mengetahui cara sukses dalam bidang apapun. Sepertinya Anda membutuhkan tips seperti berikut ini:

Kemudahan akses dalam dunia online dan perkembangan informasi yang semakin luas didalamnya mempermudah siapa saja mampu melakukan bisnis secara online. Cara yang mudah dan bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil siapa saja langsung bisa memulai bisnis online. Dimana tentunya langsung menambah penghasilan bagi Anda yang berani untuk memulainya.

Melakoni bisnisonline juga langkah yang mampu memberikan keuntungan dengan langkah yang benar dan tepat. Dan sekarangpun mulai banyak dijumpai macam bisnis online yang ditawarkan. Hal ini tercermin dari banyaknya pengguna dari jaringan internet dalam setiap harinya. Seperti yang sering kita jumpai dalam bisnis online di beberapa jejaring sosial dan media situs online lainnya. Bermacam penawaran penjualan, pemasaran, bisnis jasa online, serta banyaknya program pemasaran secara online dengan banyak terjadi peningkatan penghasilan bagi yang melakoni bisnis online ini.

Dan bagi siapa saja yang merasa tertarik dan ingin meraih kesuksesan dengan bisnis online ini tidak ada salahnya memulai dengan memperhatikan tips dan langkah aman berikut ini.

1. Sebelum memulai bisnis online sebaiknya tentukan topik atau ide bisnis yang akan Anda jalankan. Usahakan untuk memilih peluang bisnis online yang banyak dicari konsumen, untuk memudahkan Anda memasarkan produk. Beberapa ide bisnis yang bisa Anda jalankan antara lain, berjualan ebook, menjual CD tutorial, menjadi reseller produk, mengikuti program affiliate, menjadi publisher iklan, jasa terjemahan online, membuka toko online, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Layaknya bisnis offline, menjalankan bisnis online juga membutuhkan kantor dan toko untuk memasarkan produk bisnisnya. Karena itu buatlah blog atau website yang bisa Anda jadikan sebagai kantor sekaligus bisnis Anda. Pastikan website atau blog Anda dibuat dengan sebagus mungkin, agar konsumen juga betah berlama-lama berada di tempat usaha Anda.

3. Selanjutnya, buatlah produk yang akan ditawarkan. Anda tidak perlu bingung dalam menawarkan produk secara online. Sebab, sekarang ini berbagai macam produk sudah bisa dipasarkan melalui internet. Dari mulai produk informasi, produk makanan, produk fashion, produk kerajinan, sampai produk kebutuhan sehari-hari, sudah bisa dibeli masyarakat melalui dunia maya. Yang terpenting, ciptakan produk yang banyak dibutuhkan konsumen.

4. Tawarkan sistem pembelian yang mudah bagi para konsumen. Karena pada bisnis online pembelian tidak bisa dilakukan secara langsung, maka Anda harus mengirimkan produk yang dibeli konsumen. Oleh sebab itu, tentukan sistem pembelian yang tidak menyulitkan konsumen. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke rekening bank Anda atau menggunakan paypal. Sedangkan untuk proses pengiriman barang bisa dilakukan setelah uang Anda terima. Kemudian Anda bisa mengirimkan pesanan kepada konsumen, dengan jasa layanan yang terpercaya.

5. Lakukan promosi untuk bisnis online Anda. Promosi pada bisnis online juga sangat penting. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti promosi dengan SEO, mengisi konten menarik secara rutin di website Anda, bertukar link atau baner dengan blog lain, memberikan produk gratis pada konsumen (misalnya ebook gratis), atau bisa juga melakukan promosi secara offline. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnis online Anda.

6. Update bisnis online Anda secara rutin. Usahakan untuk memberikan inovasi baru pada website atau blog Anda setiap harinya, hal tersebut untuk menghindarkan adanya kebosanan konsumen. Misalnya saja dengan menulis artikel baru setiap harinya, menambahkan produk baru setiap bulannya, atau sekedar mengubah tampilan website atau blog Anda secara berkala. Dengan begitu konsumen akan merasa nyaman untuk selalu berkunjung ke bisnis online Anda.

7. Luangkan waktu Anda untuk merespon konsumen. Seperti halnya pada bisnis offline, konsumen bisnis online pun juga ingin segera dilayani. Untuk itu selalu luangkan waktu Anda minimal 1-2 jam per hari, untuk melayani pesanan mereka, membalas email mereka, atau sekedar membalas komentar mereka. Cara tersebut akan membuat konsumen senang, karena mereka tidak merasa berhubungan dengan robot atau mesin computer.

8. Yang terakhir pastikan diri Anda untuk selalu fokus, tekun dan sabar. Walaupun bisnis online bisa dikatakan mudah dijalankan, namun tidak semua orang bisa berhasil membawa bisnis online menuju kesuksesan. Untuk itu usahakan untuk fokus pada satu bidang yang Anda pilih, tekun untuk menciptakan inovasi-inovasi baru baru, serta sabar dalam mengembangkannya.

 

#aduh aku lupa copast dr web / blog mana…gitu???!?!?!?! thanks deh info nya ^_^